Sabtu, 25 September 2010

Gampong Keuneukai



Salah satu sudut pesisir pulau sabang, terdapatlah satu gampong yang bernama KUENEUKAI. Gampong tersebut salah satu dari 18 Gampong di pulau Sabang yang tergabung dari 2 Kecamatan. memang sih tidak banyak yang dapat kita lihat di gampong tersebut, namun di balik itu semua penulis hanya ingin mengajak pembaca untuk jalan-jalan saja kali aja bisa maen-maen ke sana..

gampong keuneukai itu sendiri bisa di bilang gampong pesisir karena letak giografisnya langsung berbatasan dengan laut. penduduk asli disitu amad ramah dengan para pendatang, walaupun mereka tidak menawarkan tempat tinggal atau makan di rumah mereka, tapi mereka mampu memberikan senyum dan menyapa para pendatang yang datang ke gampong tersebut, membagi informasi kepada penanya dan masih banyak lagi.

penduduk asli gampong tersebut tidak lah diketahui, karena semua penduduk di situ adalah pendatang dari bumi daratan aceh dari berbagai wilayah seperti aceh utara, aceh selatan, aceh besar, pidie, gayo dl. karena keturunan masih satu suku di ikuti oleh umumnya masyarakat di situ adalah pemeluk agama islam yang taat.


beberapa keistimewaan gampong keuneukai sangat unik seperti beberapa kali menjadi juara pergelaran festival tingkat gampong contoh nya seperti juara turnamen volly, juara pameran, juara takbir akbar hari raya idul fitri, juara dalail khairat termasuk salah satu gampong tervaforit tingkat provinsi tahun 2007 dan masih banyak lagi beberapa perlombaan yang dimenanginya.


kita lewati saja seperti tulisan di atas, karena kita tidak membahas tentang itu tapi hanya sekedar memberi tahu saja kok, sekarang mari kita lihat sudut pandang wisaya yang ada di gampong keunekai. salah satunya ialah kolam air panas yang sudah ada dari belasan tahun silam, dan sudah beberapa kali di renovasi dan kini banyak pengunjung lokal yang berdatangan untuk menikmati hangatnya air di kolam tersebut. yang kedua kawah gunung berapi yang terdapat di gunung mergoeh. kawasan kawah gunung berapi tersebut sebetulnya berada di kawasan gampong jaboi, namun dari gampong keunekai juga dapat di akses.
nah sekarang kita akan lihat sudut dari mata pencaharian mereka, kalau beberbicara tentang mata pencaharian otomatis bidang perikanan menjadi sektor andalan. berbicara perikanan bukanlah mencari ikan dengan cara memacing, menjala atau mepukat. sekalipun aktifitas itu juga ada, tapi bukan yang paling utama, mau tahu,,,,, sumber andalah yang paling primadona di gampong tersebut adalah mencari udang lobster. bermodalkan peralatan yang sederhana seperti perahu boat, mesin kompresor dan alat selamam maka mereka dapat mengumpulakan rupiah untuk jangka waktu semalam mencapai angka R2,5 jt yang jika di bagi 4orang berarti mereka bisa mendapatkan pendapatan semalam 500ribu per orang.  selain sektor kelautan masyarakat gampong tersebut juga mempunyai aktifitas di kebun, ternak, wiraswasta, jualan dan angjkutan jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar